Visi Misi IAT

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

  • Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

 

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi IAT ditempuh dengan proses diskusi dan workshop dengan melibatkan berbagai pihak untuk menghasilkan visi, misi, tujuan dan sasaran penyelenggaraan Pascasarjana STAIN Kediri. Rumusan visi dan misi ini dimatangkan dengan membandingkan visi misi Pascasarjana lain, seperti UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan IAIN Tulungagung yang sama-sama memiliki IAT.

Pihak yang dilibatkan dari internal adalah pengelola Pascasarjana, seperti direktur, asisten direktur, Ka. Prodi IAT, dosen, staf administrasi, mahasiswa, dan pimpinan STAIN Kediri.

Adapun dari eksternal adalah pimpinan pondok pesantren yang ada di sekitar lingkungan STAIN Kediri diantaranya, Pon. Pes. Al-amien, Pon. Pes. Lirboyo, Pon. Pes. Al-Falah. Selain itu juga melibatkan Lembaga Pendidikan, Instansi Kementerian Agama dan tokoh masyarakat yang berkompeten di bidang IAT.

Visi program studi

Terwujudnya program studi yang unggul dalam bidang tafsir al-Qur`an tematik interdisipliner tingkat nasional pada tahun 2025

Misi program studi

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar di bidang Ilmu al-Qur`an dan Tafsir yang berorientasi pada pengembangan metodologi dan pendekatan penelitian tafsir al-Qur`an tematik interdisipliner secara kreatif, inovatif dan profesional,
  2. Melaksanakan penelitian dan penggalian khazanah keilmuan al-Qur`an dan Tafsir dengan pendekatan tafsir al-Qur`an tematik interdisipliner,
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat berbasis tafsir al-Qur`an tematik interdisipliner,
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga pendidikan, pondok pesantren dan instansi lain di tingkat nasional dan internasional yang concern terhadap kajian al-Qur`an dan tafsir.

Tujuan program studi

Tujuan program studi Pascasarjana Ilmu AL-Qur’an dan Tafsir yakni:

  1. Terselenggaranya proses belajar mengajar di bidang Ilmu al-Qur`an dan Tafsir yang berorientasi pada pengembangan metodologi dan pendekatan penelitian tafsir al-Qur`an tematik interdisipliner secara kreatif, inovatif dan profesional,
  2. Terlaksananya penelitian dan penggalian khazanah keilmuan al-Qur`an dan Tafsir dengan pendekatan tafsir al-Qur`an tematik interdisipliner.
  3. Terlaksananya pengabdian masyarakat berbasis tafsir al-Qur`an tematik interdisipliner.
  4. Terselenggaranya kerjasama dengan lembaga pendidikan, pondok pesantren dan instansi lain di tingkat nasional dan internasional yang concern terhadap kajian al-Qur`an dan tafsir.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Pascasarjana STAIN Kediri adalah sebagai berikut:

1.      Mahasiswa peserta program

Mahasiswa dapat memahami, mengembangkan dan mengaplikasikan kajian tafir, khususnya tafsir tematik interdisipliner. Secara pragmatis, penyelenggaraan pendidikan di lembaga ini memberi bekal dan hak kepada mahasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang S3. Di samping itu, penyelenggaraan pendidikan ini memberikan hak kelayakan kepada alumninya untuk mengajar pada jenjang pendidikan S1, baik pada program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir maupun pada program studi lainnya.

2.      Dosen

Dosen dapat melaksanakan pembelajaran secara optimal dengan menggunakan fasilitas pembelajaran yang ada, melaksanakan penelitian dengan pendekatan inter dan multidisiplin, dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat

3.      Instansi Lain dan Pengguna Lulusan

Banyaknya kerjasama yang dilakukan antara Program studi al-Qur’an dan Tafsir dan instansi lain melalui berbagai bentuk kegiatan yang saling menguntungkan. Begitu pula kerjasama antara Program studi al-Qur’an dan Tafsir dan pengguna lulusan, misalnya dalam penyerapan alumni dan perbaikan kurikulum.

4.       Masyarakat Luas

Program studi al-Qur’an dan Tafsir Pascasarjana STAIN Kediri memberi peluang kepada warga masyarakat yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas keilmuannya dengan mengikuti program pendidikan di Program al-Qur’an dan Tafsir Pascasarjana STAIN Kediri. Bagi warga masyarakat di Kediri dan sekitarnya, keberadaan Program al-Qur’an dan Tafsir Pascasarjana STAIN Kediri dinantikan kehadirannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik dari kalangan akademisi, pengasuh/ustadz pesantren, guru-guru bidang al-Qur’an dan Hadits pada madrasah dan lain sebagainya.