VISI MISI PBA

DSC_0504Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Visi program studi

  • Menjadi program studi yang menghasilkan magister unggul dalam kajian dan pengembangan metodologi pembelajaran berbasis media pada tahun 2025

Misi program studi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dengan nuansa kurikulum yang kuat di bidang pengembangan metodologi pembelajaran berbasis media.
  2. Mengelola    riset   dan   pengembangan   di bidang metodologi metodologi pembelajaran bahasa Arab berbasis media.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang metodologi pembelajaran bahasa Arab berbasis media yang bermanfaat   bagi masyarakat  dan pengembangan keilmuan.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk peningkatan dan pengembangan keilmuan di bidang metodologi pembelajaran Bahasa Arab berbasis media.

Tujuan program studi

Tujuan program studi Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yakni:

  1. Terselenggaranya proses belajar mengajar yang berorientasi pada pengembangan metodologi pembelajaran Bahasa Arab berbasis media.
  2. Terlaksananya penelitian dan pengembangan di bidang metodologi pembelajaran bahasa Arab berbasis media.
  3. Terlaksananya pengabdian masyarakat di bidang metodologi pembelajaran bahasa Arab berbasis media yang bermanfaat bagi masyarakat dan pengembangan kelimuan.
  4. Terselenggaranya kerjasama dengan berbagai pihak untuk peningkatan dan pengembangan kelimuan di bidang metodologi pembelajaran bahasa Arab berbasis media.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana STAIN Kediri adalah sebagai berikut:

1.      Mahasiswa peserta program

Mahasiswa dapat memahami, mengembangkan, mengaplikasikan, dan mensosiali-sasikan kajian bidang metodologi pembelajaran bahasa Arab berbasis media. Secara pragmatis, penyelenggaraan pendidikan di lembaga ini memberi bekal dan hak kepada mahasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang S3. Di samping itu, penyelenggaraan pendidikan ini memberikan hak kelayakan kepada alumninya untuk mengajar pada jenjang pendidikan S1 pada Jurusan Tarbiyah terutama program studi Pendidikan Bahasa Arab maupun pada program studi lainnya, serta menjadi Pegiat Pembelajaran Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus, dan Pengembang Strategi Pembelajaran Bahasa Arab.

2.      Dosen

Dosen dapat melaksanakan pembelajaran secara optimal dengan menggunakan fasilitas pembelajaran yang ada, melaksanakan penelitian dengan pendekatan inter dan multidisiplin, dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

3.     Tenaga Kependidikan 

Tenaga kependidikan mampu memberikan pelayanan administrasi secara (Prima) efektif, efisien dan professional kepada mahasiswa dan dosen serta stakeholder yang membutuhkan informasi atau kerjasama dengan Prodi PBA.

4.      Instansi Lain dan Pengguna Lulusan

Banyaknya kerjasama yang dilakukan antara Program studi Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan instansi lain melalui berbagai bentuk kegiatan yang saling menguntungkan. Begitu pula kerjasama antara Program studi dan pengguna lulusan, misalnya dalam penyerapan alumni dan perbaikan kurikulum.

4.       Masyarakat Luas

Program studi Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Pascasarjana STAIN Kediri memberi peluang kepada warga masyarakat yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 serta para penyelenggara lembaga non formal dan in formal untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas keilmuannya. Bagi warga masyarakat di Kediri dan sekitarnya, keberadaan Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Pasca sarjana STAIN Kediri untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dan unsur-unsur pendidikan lainnya, akademisi, pengasuh/ustadz pesantren, guru-guru, serta penyelenggara lembaga pendidikan non formal lainnya.